Diposkan pada Teknoloi Elektro

Pengertian Alat Load pada Kelistrikan

Ketika Anda berkecimpung di dunia kelistrikan dan belum tahu tentang load bank, maka Anda harus membaca artikel ini. Bahwa perangkat ini yang diaplikasikan sebagai pengetesan atau menjadi pembuang arus yang membebani listrik. Jika Anda menginginkan perangkat ini dan masih resah dengan prosedurnya, silakan berkunjung ke http://sewatama.com/id/. Di sana Anda akan menemukan penjelasan lebih mendetail.

Sebagai contoh, anggap saja genset bakal dites kemampuannya menggunakan load bank. Pengetesan genset menggunakan perangkat tersebut akan mengetahui kemampuan genset: berkurang atau tidak, berdasarkan spesifikasi atau tidak. Lalu, perangkat tersebut digunakan untuk media pengalih beban atau sebagai pembuang daya listrik. Misalnya, generator running dalam kondisi beban listrik full, baik karena disengaja atau karena hal tersebut, maka generator dibiarkan overspeed dan mengatasi hal tersebut diperlukan perangkan bank load.

Ketika ingin menggunakan bank load, Anda akan menemukan beberapa jenis, seperti yang menggunakan air garam atau dummy load. Kemudian, ada lagi bank load yang menggunakan grid resistor atau electric heater.

Cara mengetes genset acapkali menggunakan air garam sebagai media beban. Media tersebut adalah menggunakan sejumlah air yang dicampurkan garam dengan konsentrasi tertentu. Garam tersebut larut di dalam air yang berguna untuk media elektrolit, elektroda yang disambungkan ke genset. Prosedur mengetesnya adalah memasukkan elektroda yang telah tersambung ke unit genset perlahan-lahan. Makin pekat konsentrasi garam, maka makin luas media elektroda yang masuk ke larutan elektrolit. Makin tinggi maka nilai beban bisa diperoleh.

loading...

Lalu, ada jenis bank load grind resistor yang terdiri atas lempengan plat nickelin yang memiliki karakter tahanan (Ohm). Ohm tersebut disusun sehingga memiliki nilai tahanan tertentu sebagai media tes pembeban. Lantas, plat nickenin tersusun sebagai lapisan isolator yang tahan panas, dan dilakukan sebagai pembeban plat nickelin yang akan membara. Maka, diperlukan pendingin sesuai blower jika diinginkan dari tes yang lebih lama.

Cukup itu sudah penjelasan kami tentang pengertian load bank. Semoga bermanfaat dan selamat memahami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *